AKSI NYATA TOPIK 3: PERENCANAAN PEMBELAJARAN Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)

0
2282

Oleh: SAHONO, M.Pd (Guru SMK Teknomedika Plus Kab. Bogor)

Untuk mendownload file presentasi silahkan klik disini

KURIKULUM MERDEKA: Apa Itu?
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Konsep Kurikulum Merdeka menjadi salah satu hal yang sangat relevan. Kurikulum Merdeka mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Capaian Pembelajaran (CP)
Capaian pembelajaran adalah kumpulan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa pada setiap tahapan perkembangan, dimulai dari fase fondasi di PAUD. CP ini mencakup sejumlah kompetensi dan lingkup materi yang dirangkum secara komprehensif dalam bentuk narasi.

Tujuan Pembelajaran (TP)
Tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh siswa melalui satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan ini disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju capaian pembelajaran.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Alur tujuan pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis sesuai dengan urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir fase. Alur ini dibuat secara linier, mengikuti urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

Prinsip dalam Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Sederhana dan Informatif: Alur harus mudah dimengerti dan memberikan informasi yang jelas.
Esensial dan Kontekstual: Tujuan harus relevan dan penting dalam konteks pembelajaran.
Pengoptimalkan Tiga Aspek Kompetensi: Menyusun tujuan pembelajaran yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Berkesinambungan: Alur harus membentuk rangkaian pembelajaran yang kontinu.
Merdeka Belajar: Memberi siswa kebebasan dalam pembelajaran.
Operasional dan Aplikatif: Tujuan dan alur harus dapat diimplementasikan secara praktis.
Adaptif dan Fleksibel: Dapat disesuaikan dengan perkembangan siswa.

Ilustrasi Alur Tujuan Pembelajaran
Alur ini dimulai dari awal fase, mencakup sejumlah tujuan pembelajaran yang disusun secara berurutan hingga mencapai akhir fase.

Prosedur Penyusunan ATP Kurikulum Merdeka
1. Analisis Capaian Pembelajaran (CP): Memuat materi dan kompetensi, pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
2. Identifikasi Kompetensi Akhir Fase: Mengidentifikasi kompetensi inti di akhir fase serta kompetensi sebelumnya yang harus dikuasai siswa sebelum mencapai kompetensi akhir.
3. Analisis Elemen Profil Pelajar Pancasila: Mengidentifikasi dimensi-dimensi profil pelajar pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran dan capaian pembelajaran pada fase tersebut. Ada enam dimensi profil pelajar pancasila.
4. Perumusan Tujuan Pembelajaran: Merumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna, dan variasi keterampilan berpikir yang diperlukan.
5. Tentukan Lingkup Materi: Menentukan lingkup materi dan materi utama pembelajaran.
6. Penentuan Jumlah Jam Pelajaran: Menentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan berdasarkan perumusan tujuan pembelajaran.

Merencanakan Asesmen
Perencanaan asesmen dimulai dengan merumuskan tujuan asesmen yang berkaitan erat dengan tujuan pembelajaran. Asesmen harus sesuai dengan rencana pembelajaran dan tujuan asesmen. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih atau mengembangkan instrumen asesmen adalah karakteristik peserta didik, kesesuaian asesmen dengan rencana pembelajaran dan tujuan asesmen, serta kemudahan penggunaan instrumen asesmen untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik dan pendidik.

Contoh Instrumen Penilaian atau Asesmen
Beberapa contoh instrumen penilaian atau asesmen yang dapat menjadi inspirasi bagi pendidik adalah rubrik, catatan anekdotal, ceklis, dan lainnya.

Dukumentasi Kegiatan
Aksi topic 3 Aksi topic 3 Aksi topic 3 Aksi topic 3 Aksi topic 3

Dengan mengikuti prosedur ini, kita dapat merencanakan pembelajaran yang lebih terarah dan memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Ini adalah langkah konkret dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kompetensi siswa.

Untuk mendownload file presentasi silahkan klik disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here