AKSI NYATA: MELAKUKAN SALAH SATU JENIS DIFERENSIASI KONTEN/ PRODUK/PROSES

0
26598
cover aksi diferensiasi

Oleh: SAHONO, M.Pd (Guru SMK Teknomedika Plus Kabupaten Bogor)

Pada zaman ini, pembelajaran yang berfokus pada kebutuhan siswa menjadi semakin penting. Salah satu pendekatan yang muncul untuk mengatasi perbedaan dalam kelas adalah **pembelajaran berdiferensiasi**. Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan yang masuk akal yang diambil oleh guru dengan berfokus pada kebutuhan individual siswa.

Ciri-Ciri Karakteristik Pembelajaran Berdiferensiasi

  1. Lingkungan Belajar yang Mengundang: Pembelajaran berdiferensiasi menciptakan lingkungan yang memotivasi siswa untuk belajar dengan penuh semangat.
  2. Tujuan Pembelajaran yang Jelas: Kurikulum dalam pembelajaran berdiferensiasi memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas sehingga siswa tahu apa yang diharapkan dari mereka.
  3. Penilaian Berkelanjutan: Terdapat sistem penilaian yang berkelanjutan untuk memantau perkembangan siswa sepanjang waktu.
  4. Respon Terhadap Kebutuhan Siswa: Guru harus mampu merespons berbagai kebutuhan belajar yang berbeda dari siswa-siswanya.
  5. Manajemen Kelas yang Efektif: Manajemen kelas yang baik dan efektif menjadi faktor kunci dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Langkah-langkah untuk Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas
Agar dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, guru harus melakukan beberapa langkah penting:

  • Pemetaan Kebutuhan Belajar: Guru perlu memahami kebutuhan belajar siswa berdasarkan tiga aspek: kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar siswa.
  • Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi: Berdasarkan hasil pemetaan tersebut, guru dapat merencanakan pembelajaran yang berbeda-beda, termasuk berbagai strategi, materi, dan cara belajar.
  • Evaluasi dan Refleksi: Setelah pembelajaran berlangsung, penting bagi guru untuk melakukan evaluasi dan refleksi terhadap efektivitas metode yang digunakan.

Tiga Strategi Diferensiasi

Dalam pembelajaran berdiferensiasi, terdapat tiga jenis diferensiasi yang bisa diterapkan:

  1. Diferensiasi Konten: Dalam diferensiasi ini, guru memberikan materi yang berbeda kepada kelompok siswa yang berbeda. Materi ini sesuai dengan tingkat pemahaman dan kemampuan masing-masing siswa.
  2. Diferensiasi Proses: Dalam hal ini, siswa mungkin diberikan tugas yang sama, tetapi mereka memiliki fleksibilitas dalam memilih cara mereka memahami atau memproses materi.
  3. Diferensiasi Produk: Ini berkaitan dengan tugas atau proyek yang diberikan kepada siswa setelah mereka memahami materi. Siswa memiliki kebebasan untuk menunjukkan pemahaman mereka melalui produk yang berbeda-beda.

Dokumentasi Kegiatan
Aksi nyata diferensiasi  

Umpan Balik
umpan balik Aksi nyata diferensiasi

Dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, guru dapat memastikan bahwa setiap siswa memiliki peluang yang sama untuk belajar dan berkembang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka. Dengan berfokus pada kebutuhan individu siswa, pendidikan menjadi lebih inklusif dan memberikan kesempatan untuk pertumbuhan yang optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here