Menentukan Tema, Topik, Dimensi, Elemen dan Sub-elemen Dalam Projek (Guru dan Kepala Sekolah)
Oleh: Sahono, M.Pd (Guru Mapel: Teknik Laboratorium Medik SMK TEKNOMEDIKA PLUS)
Untuk download file presentasi silahkan klik disini
Kolaborasi proyek pengukatan profil pelajar Pancasila di SMA/SMK merupakan sebuah langkah nyata dalam pengembangan pendidikan yang bertujuan membangun karakter dan kepribadian siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Proyek ini melibatkan guru-guru serta kepala sekolah dari berbagai bidang keahlian di SMK Teknomedika Plus Kab. Bogor.
Langkah-Langkah Penentuan Tema, Topik, Dimensi, Elemen, dan Sub-Elemen
Penentuan tema, topik, dimensi, elemen, dan sub-elemen dalam proyek ini melibatkan pemikiran dan diskusi bersama dari berbagai stakeholder pendidikan. Berikut alur penentuan komponen proyek ini:
Tahap 1: Identifikasi Tahapan Kesiapan Satuan Pendidikan
Pertama, tim proyek melakukan identifikasi tahapan kesiapan satuan pendidikan. Ini melibatkan pemahaman mengenai situasi kontekstual dan potensi yang ada di lingkungan SMK Teknomedika Plus.
Hasil Identifikasi Tahap Awal:
- Lingkungan SMK Teknomedika Plus memiliki potensi banyak tanaman bambu di sekitar penduduk masyarakat sekitar yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan produk kerajinan tangan.
- Produk kerajinan tangan akan dipresentasikan menggunakan bahasa Inggris dengan judul “PROCEDURE TEXT”.
Tahap 2: Penentuan Tema dan Topik Projek Profil
Berikutnya, tim proyek bersama guru SMK Teknomedika Plus menentukan tema dan topik proyek profil pelajar Pancasila.
Tema dan Topik yang Ditentukan:
Semester 1:
– Tema: Kearifan Lokal
– Topik: Perelek
Semester 2:
– Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan
– Topik: Mari Menanam
Tahap 3: Penentuan Dimensi, Elemen, dan Sub-Elemen P5
Setelah menentukan tema dan topik, tim proyek kembali berdiskusi untuk memilih dimensi, elemen, dan sub-elemen yang sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.
Dokumentasi Presentasi “PROCEDURE TEXT” Bahasa Inggris
Proyek ini juga melibatkan pemantauan dan dokumentasi presentasi dalam bahasa Inggris dengan judul “PROCEDURE TEXT.” Ini adalah salah satu contoh nyata bagaimana proyek ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan berbagai kompetensi, termasuk kemampuan berbicara di depan umum, kreativitas, serta penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari.
Umpan Balik
Pentingnya mendapatkan umpan balik dari berbagai pihak, baik siswa maupun pendidik, dalam setiap tahap proyek ini. Dengan umpan balik yang baik, proyek ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi perkembangan profil pelajar Pancasila di SMA/SMK Teknomedika Plus Kab. Bogor.
Kolaborasi proyek ini adalah contoh nyata bagaimana guru-guru dan kepala sekolah dapat bekerja sama dalam mengembangkan pendidikan yang berfokus pada pembentukan karakter dan kepribadian siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan kerjasama yang baik, pendidikan di Indonesia dapat menjadi lebih berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masa depan.
Untuk download file presentasi silahkan klik disini