AKSI NYATA MEMBUAT KEYAKINAN KELAS

0
298
cover aksi nyata

Klik disini untuk mendownload Link file presentasi

Dalam dunia pendidikan, terdapat banyak faktor yang memengaruhi kualitas pembelajaran. Salah satu faktor yang sangat penting adalah kepercayaan atau kesepakatan kelas. Kesepakatan kelas merupakan pendekatan yang lebih baik dengan mengedepankan peran aktif siswa dan berisi beberapa aturan untuk membantu guru dan siswa bekerja sama membentuk kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif.

Keyakinan atau Kesepakatan Kelas Adalah?

Kesepakatan kelas adalah sebuah pendekatan yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Pendekatan ini memungkinkan siswa dan guru untuk berkomunikasi secara efektif, membuat pembelajaran lebih berpusat pada siswa, dan mendorong rasa tanggung jawab pada siswa. Dengan kata lain, kesepakatan kelas adalah upaya bersama antara guru dan siswa untuk menciptakan kelas yang harmonis, produktif, dan penuh kebermaknaan.

Tujuan Kesepakatan Kelas

  1. Menumbuhkan Komunikasi yang Efektif Antara Siswa dan Guru: Kesepakatan kelas membuka jalur komunikasi yang lebih baik antara siswa dan guru. Siswa merasa lebih nyaman berbicara tentang kebutuhan dan harapan mereka dalam pembelajaran, sehingga guru dapat merespons dengan lebih baik.
  2. Menciptakan Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa: Dengan kesepakatan kelas, pembelajaran menjadi lebih berfokus pada siswa. Guru dan siswa dapat bekerja sama dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan dan bermakna.
  3. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab pada Siswa: Kesepakatan kelas juga membantu siswa merasa lebih bertanggung jawab terhadap tindakan mereka dalam kelas. Mereka memahami bahwa mereka memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif.

Langkah-Langkah Kesepakatan Kelas

Pencapaian kesepakatan kelas bukanlah tugas yang sulit jika dijalani dengan serius dan komitmen. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk menciptakan kesepakatan kelas yang efektif:

  1. Guru Mengajak Siswa Mengungkapkan Keinginan Mewujudkan Kelas Impian: Guru dapat memulai dengan mengajak siswa berbicara tentang apa yang mereka harapkan dari kelas mereka. Ini adalah langkah awal untuk mendengarkan pandangan siswa.
  2. Meminta Siswa Menuliskan Apa yang Mereka Pikirkan dan Inginkan tentang Kelas Mereka: Setelah berbicara, siswa diminta untuk menuliskan pemikiran dan harapan mereka terkait kelas mereka. Tulisan ini dapat berupa visi mereka tentang kelas ideal.
  3. Siswa Menuliskan Tentang Kelas Impian Mereka: Siswa kemudian menuliskan tentang kelas impian mereka berdasarkan pemikiran mereka. Ini dapat mencakup aspek-aspek seperti suasana kelas, interaksi dengan teman, dan metode pembelajaran.
  4. Diskusi Bersama: Guru dan siswa bersama-sama membaca apa yang telah ditulis oleh siswa tentang kelas impian mereka. Selama diskusi, mereka menyoroti hal-hal yang penting untuk dijadikan kesepakatan kelas.
  5. Pembentukan Kesepakatan Kelas: Setelah diskusi, guru dan siswa bekerja sama untuk merumuskan kesepakatan kelas. Ini mencakup aturan-aturan dan norma-norma yang harus diikuti oleh semua anggota kelas.
  6. Penandatanganan Kesepakatan: Kesepakatan kelas yang telah dirumuskan kemudian ditandatangani oleh semua siswa sebagai tanda persetujuan. Hal ini menunjukkan komitmen mereka untuk menjalankan kesepakatan tersebut.

Kesepakatan Kelas

Kesepakatan kelas dapat beragam tergantung pada situasi dan kebutuhan kelas tertentu. Namun, beberapa contoh kesepakatan kelas umum meliputi:

  1. Masuk kelas tepat waktu: Siswa setuju untuk datang ke kelas pada waktu yang ditentukan tanpa keterlambatan.
  2. Menjaga kebersihan kelas: Siswa bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan ruang kelas, termasuk membersihkan meja mereka setelah digunakan.
  3. Saling menghargai sesama teman: Siswa berjanji untuk menghormati dan mendukung satu sama lain dalam proses pembelajaran.
  4. Tidak membuat keributan saat belajar: Kesepakatan ini menekankan pentingnya ketenangan dalam kelas untuk memungkinkan semua siswa fokus dalam belajar.
  5. Mengerjakan tugas tepat waktu: Siswa harus menyelesaikan tugas-tugas mereka sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

tanda tangan kesepatakan kelas

Tolak Ukur Keberhasilan Kesepakatan Kelas

Terciptanya kesepakatan kelas yang efektif akan tercermin dalam beberapa hal, di antaranya:

  1. Suasana Pembelajaran yang Nyaman: Siswa akan merasa nyaman dan aman dalam kelas, yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mereka.
    Terciptanya suasana pembelajaran yang nyaman
  2. Terwujudnya Profil Pancasila: Kesepakatan kelas yang baik juga akan mencerminkan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, demokrasi, dan keadilan.
    Terwujudnya Profil Pancasila

UMPAN BALIK SISWA: MENINGKATKAN KESEPAKATAN KELAS DAN PEMBELAJARAN

Dalam upaya untuk mencapai kesepakatan kelas yang kuat dan efektif, salah satu elemen yang tak boleh diabaikan adalah umpan balik dari siswa. Umpan balik siswa adalah alat yang sangat berharga untuk memahami bagaimana kesepakatan kelas berjalan dan bagaimana hal tersebut memengaruhi pembelajaran mereka. Artikel ini akan membahas pentingnya umpan balik siswa dalam meningkatkan kesepakatan kelas dan pembelajaran.

Berikut ini beberapa contoh umpan balik dari siswa:
Umpan Balik 1Umpan Balik 2

Umpan Balik 3Umpan Balik 4

Dengan menerapkan kesepakatan kelas yang baik, guru dan siswa dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif, berpusat pada siswa, dan memungkinkan perkembangan pribadi yang lebih baik. Kesepakatan kelas adalah aksi nyata yang dapat memperkuat keyakinan dalam proses pembelajaran.

Klik disini untuk mendownload Link file presentasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here